LKS
9.1
EKOSISTEM (KWADRAN)
Tujuan :
Siswa memahami komponen-komponen ekosistem dan mampu menganalisis
interaksi yang terjadi antara komponen ekosistem tersebut.
Alat
dan Bahan:
1.
Kuadran
ukuran 1x1 m2
2.
Tali rafia
3.
Meteran
4.
Alat tulis
5.
Kertas
6.
Kaca
pembesar
Langkah
Kerja:
1.
Siapkan
alat dan bahan yang dibutuhkan.
2.
Pergilah
ke lingkungan sekitar sekolah dan sebarkan kuadran secara acak sebanyak 3 kali
ulangan.
3.
Amati tiap
komponen ekosistem yang terdapat dalam masing-masing kuadran. Gunakan kaca
pembesar untuk mengamati obyek yang tidak bisa diamati dengan mata telanjang.
4.
Klasifikasikan
komponen-komponen ekosistem yang telah kalian temukan ke dalam komponen biotik
dan komponen abiotik.
5.
Masukkan
data yang telah kalian kumpulkan ke dalam tabel hasil pengamatan seperti di
bawah ini! bawah ini!
No.
|
Ulangan
|
Komponen Ekosistem
|
|
Biotik
|
Abiotik
|
||
1
|
Kuadran I
|
||
2
|
Kuadran II
|
||
3
|
Kuadran III
|
Bahan
Diskusi
1.
Dari
komponen-komponen ekosistem yang telah kalian temukan, adakah interaksi yang
terjadi di dalamnya? Jika ada jelaskan!
2.
Bagaimana
sifat interaksi yang terjadi antara komponen ekosistem tersebut? Menguntungkan
atau merugikan?
3.
Bagaimana
tipe ekosistem yang kalian amati?
4.
Cari tipe-tipe
ekosistem yang lain dari literatur!
5.
Jika salah
satu komponen ekosistem mengalami gangguan atau bahkan musnah apa yang akan
terjadi pada ekosistem tersebut? Coba analisis kemungkinan-kemungkinan yang
dapat terjadi!
6.
Bagaimana
solusi kalian untuk mengatasi ketidakseimbangan yang terjadi pada suatu
ekosistem?
7.
Presentasikan
hasil pengamatan kalian di depan kelas!
8.
Dari
kegiatan di atas susunlah laporan hasil pengamatan dengan format sebagai
berikut:
a.
Judul
b.
Rumusan
masalah
c.
Data hasil
pengamatan
d.
Analisis
data
e.
Pembahasan
f.
Kesimpulan
LKS
9.2
kompetisi
Tujuan
Siswa dapat menjelaskan akibat kompetisi antartanaman jagung
Alat dan Bahan
- 3 pot dari tanah
- Tanah
- Biji jagung
Sebelum
melakukan percobaan, coba tentukan terlebih dahulu:
1. Rumusan permasalahannya
2. Judul eksperimen
3. Variabel bebas, terikat, dan
terkendati
4. Rumusan hipotesisnya
Cara Kerja
1.
Ambillah tiga macam pot dari tanah, beri tanda pot A, B, dan C. Isi dengan
tanah kebun yang gembur, kemudian siram dengan air.
2.
Masukkan 5 biji jagung pada pot A, 10 biji jagung pada pot B, dan 15 biji
jagung pada pot C. Atur jarak bijinya agar tidak tumpang tindih.
3.
Simpan ketiga pot tadi di tempat yang aman dan tidak diganggu hewan.
4.
Untuk menjaga agar tanah tetap lembap, siramlah ketiga macam pot itu dengan
air yang jumlahnya sama. Jangan terlalu banyak air agar biji tidak membusuk.
5.
Jika telah tumbuh, letakkan pot di tempat yang terkena cahaya matahari
langsung. Biarkan hingga tumbuhan
jagung berumur 10-15-hari:
6.
Jangan lupa, setiap hari hendaknya disiram dengan air yang sama banyaknya
untuk setiap pot.
7.
Seteiah 15 hari, ukurlah semua tanaman jagung di pot A, kemudian cari
rata-ratanya; ukur semua tanaman di pot B, kemudian cari rata-ratanya; ukur
pula semua tanaman di pot C, kemudian cari rata-ratanya.
Bahan Diskusi
1. Manakah pot yang ukuran
tanaman jagungnya lebih tinggi? Mengapa?
2. Perhatikan pula besar
kecilnya tanaman. Manakah pot yang ukuran tanamannya besar dan tnana'yang
ukurannya kecil? Mengapa?
3. Adakah tanaman yang layu atau
mati? Di pot mana? Mengapa?
4. Jelaskan, adakah kompetisi
antartanaman jagung dalam hal mendapatkan, cahaya matahari, air, dan nutrien?
5. Buattah (aporan dan adakan
pameran dengan menempelkan laporanmu di majalah dinding. Bagaimanakah
saran-saranmu kepada para petani agar tanamannya tidak berkompetisi?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar