yang asyik dari biosmanema

yang asyik dari biosmanema

Selasa, 11 Maret 2014

LKS Ekosistem



LKS 9.1

EKOSISTEM (KWADRAN)

Tujuan :
Siswa memahami komponen-komponen ekosistem dan mampu menganalisis interaksi yang terjadi antara komponen ekosistem tersebut.


Alat dan Bahan:
1.      Kuadran ukuran 1x1 m2
2.      Tali rafia
3.      Meteran
4.      Alat tulis
5.      Kertas
6.      Kaca pembesar


Langkah Kerja:
1.      Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
2.      Pergilah ke lingkungan sekitar sekolah dan sebarkan kuadran secara acak sebanyak 3 kali ulangan.
3.      Amati tiap komponen ekosistem yang terdapat dalam masing-masing kuadran. Gunakan kaca pembesar untuk mengamati obyek yang tidak bisa diamati dengan mata telanjang.
4.      Klasifikasikan komponen-komponen ekosistem yang telah kalian temukan ke dalam komponen biotik dan komponen abiotik.
5.      Masukkan data yang telah kalian kumpulkan ke dalam tabel hasil pengamatan seperti di bawah ini! bawah ini!
No.
Ulangan
Komponen Ekosistem
Biotik
Abiotik
1
Kuadran I


2
Kuadran II


3
Kuadran III





Bahan Diskusi

1.      Dari komponen-komponen ekosistem yang telah kalian temukan, adakah interaksi yang terjadi di dalamnya? Jika ada jelaskan!
2.      Bagaimana sifat interaksi yang terjadi antara komponen ekosistem tersebut? Menguntungkan atau merugikan?
3.      Bagaimana tipe ekosistem yang kalian amati?
4.      Cari tipe-tipe ekosistem yang lain dari literatur!
5.      Jika salah satu komponen ekosistem mengalami gangguan atau bahkan musnah apa yang akan terjadi pada ekosistem tersebut? Coba analisis kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi!
6.      Bagaimana solusi kalian untuk mengatasi ketidakseimbangan yang terjadi pada suatu ekosistem?
7.      Presentasikan hasil pengamatan kalian di depan kelas!         
8.      Dari kegiatan di atas susunlah laporan hasil pengamatan dengan format sebagai berikut:
a.    Judul
b.    Rumusan masalah
c.    Data hasil pengamatan
d.   Analisis data
e.    Pembahasan
f.     Kesimpulan


LKS 9.2
kompetisi



Tujuan
Siswa dapat menjelaskan akibat kompetisi antartanaman jagung


Alat dan Bahan
  1. 3 pot dari tanah          
  2. Tanah
  3. Biji jagung

Sebelum melakukan percobaan, coba tentukan terlebih dahulu:
1.      Rumusan permasalahannya          
2.      Judul eksperimen 
3.      Variabel bebas, terikat, dan terkendati
4.      Rumusan hipotesisnya


Cara Kerja
1.         Ambillah tiga macam pot dari tanah, beri tanda pot A, B, dan C. Isi dengan tanah kebun yang gembur, kemudian siram dengan air.
2.         Masukkan 5 biji jagung pada pot A, 10 biji jagung pada pot B, dan 15 biji jagung pada pot C. Atur jarak bijinya agar tidak tumpang tindih.
3.         Simpan ketiga pot tadi di tempat yang aman dan tidak diganggu hewan.
4.         Untuk menjaga agar tanah tetap lembap, siramlah ketiga macam pot itu dengan air yang jumlahnya sama. Jangan terlalu banyak air agar biji tidak membusuk.
5.         Jika telah tumbuh, letakkan pot di tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Biarkan hingga tumbuhan jagung berumur 10-15-hari:
6.         Jangan lupa, setiap hari hendaknya disiram dengan air yang sama banyaknya untuk setiap pot.
7.         Seteiah 15 hari, ukurlah semua tanaman jagung di pot A, kemudian cari rata-ratanya; ukur semua tanaman di pot B, kemudian cari rata-ratanya; ukur pula semua tanaman di pot C, kemudian cari rata-ratanya.


Bahan Diskusi
1.      Manakah pot yang ukuran tanaman jagungnya lebih tinggi? Mengapa?
2.      Perhatikan pula besar kecilnya tanaman. Manakah pot yang ukuran tanamannya besar dan tnana'yang ukurannya kecil? Mengapa?
3.      Adakah tanaman yang layu atau mati? Di pot mana? Mengapa?
4.      Jelaskan, adakah kompetisi antartanaman jagung dalam hal mendapatkan, cahaya matahari, air, dan nutrien?
5.      Buattah (aporan dan adakan pameran dengan menempelkan laporanmu di majalah dinding. Bagaimanakah saran-saranmu kepada para petani agar tanamannya tidak berkompetisi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar